Sabtu, 31 Agustus 2019

Apa itu Furigana dan Okurigana?

Apa itu Furigana dan Okurigana?
Agustus 31, 2019

ようこそ!
Yo Minna-san! Kembali lagi bersama Adm0n SanPoi.

Pastinya kita semua sudah tau bahwa di dalam Bahasa Jepang terdapat Aksara Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Tapi nih, (kadang) didalam penulisan Kanji terdapat Furigana dan Okurigana, yang umumnya ditulis dalam Aksara Kana.

Kana (仮名) adalah sebutan untuk aksara silabik Jepang yang terdiri dari katakana, hiragana, dan man'yōgana. Ketiganya merupakan penyederhanaan dari aksara Tionghoa yang dikenal di Jepang sebagai kanji.

Asal usul kata "kana" adalah "kari no ji" (仮の字; aksara sementara) atau ditulis sebagai 借りの字 (aksara pinjaman). Sebelum dibaca sebagai "kana":, aksara Tionghoa untuk 仮名  juga dilafalkan "karina" atau "kanna". Aksara ini disebut "kana" untuk membedakannya dari kanji yang disebut "mana" (真名, aksara resmi).

Variasi yang tidak umum dari kana disebut hentaigana. Bentuknya berbeda dari kana yang dikenal sekarang. Penggunaannya terbatas pada kaligrafi, benda seni, atau papan reklame.


Apa itu Furigana?
Furigana atau 振り仮名 adalah alat bantu dalam membaca bahasa jepang yang berwujud Kana (Hiragana & Katakana) dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya ditaruh disebelah Kanan atau Atasnya Kanji atau karakter lainnya untuk menunjukkan cara pengucapannya. Furigana juga bisa disebut sebagai Yomigana (読み仮名).

Penggunaan Furigana.
Dalam Bahasa Jepang, Furigana digunakan sebagai alat bantu untuk menentukan cara baca sebuah Kanji yang jarang atau ambigu penggunaannya.

Furigana yang posisinya Vertikal, disebut Tategaki.
Furigana yang posisinya Horizontal, disebut Yokogaki​.


Apakah itu Okurigana?
Okurigana atau 送り仮名 adalah akhiran kana (Hiragana & Katakana) yang mengikuti Kanji dalam sebuah kata Jepang. Tujuannya utamanya adalah untuk membentuk kata kerja atau kata sifat.

Secara umum, Huruf Kanji tidak bisa berdiri sendiri, jadi apabila kita ingin menggunakan Kanji tersebut sebagai Kata Kerja atau Kata sifat, harus kita tempelkan Okurigana.

Kesimpulannya nih
Furigana : Menunjukkan Pelafalan Kanji.
Okurigana : Membentuk Kata Kerja/Kata Sifat dalam Kanji.
Gimana?
Dah mulai paham atau masih kurang jelas?
Kalau masih kurang jelas bisa tanya lewat Komentar atau ke PO.N.GO atau malah pengen beli buku Bahasa Jepang? Beli di The Japan Scribe aja!
Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻